Virus NakalIstilah “virus” selalu digunakan sebagai suatu ancaman umum untuk setiap malcode (program atau script yang di buat dengan tujuan membahayakan atau merugikan sebuah sistem komputer), seperti worm, trojan bahkan hoax yang sesungguhnya bukan sebuah virus komputer, berikut adalah beberapa jenis melcode tersebut :

  1. Computer virus : merujuk pada program yang memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi, menulari program lain dan menjadikan file-file program tertular sebagai file infektor.
  2. Computer worm : merujuk pada program independen yang memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi, menulari sitem komputer dan walaupun mampu unutk menulari program lain namun tidak bertujuan untuk menjadikan file tertular sebagai suatu file infector.
  3. Trojan horse : merujuk pada program independen yang tampaknya berguna, dan ketika di eksekusi, tanpa sepengetahuan pegguna, juga melaksanakan fungsi-fungsi yang bersipat destruktif dan merugikan.
  4. Melicios toolkits : merujuk pada program yang di desain untuk membantu menciptakan program-program yang dapat membahayakan sebuah system komputer. Contoh dari program jenis ini adalah tool pembuat virus dan program yang di buat untuk membantu proses cracking atau hacking.

Dari beberapa keterangan di atas dapat di perjelas bahwa worm adalah suatu algoritma atau program yang mereproduksi diri sendiri dari system ke system dengan menggunakan media penyimpan atau suatu jaringan.

Worm tidak menginfeksi file program lain dengan tujuan menjadikan file terinfeksi tersebut sebagai file infektor. Worm walaupun bekerja tanpa terinteraksi user, bisa merusak sebuah data secara langsung atau menurunkan kinerja system dengan “mengikat” sumber daya system komputer dan bahkan bisa mematikan sebuag jaringan. Berbeda dengan virus yang melakukan infeksi dengan ‘menumpang’ pada file program lain, menunggu interaksi user dan menjadikan file terinfeksi sebagai file infektor.

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (3)

  1. Juliani
    June 28, 2007

    mas, bisa kasih tau g contonya Melicios toolkits. gimana sih cara membuat antivirus itu?:lol: saya masih penasaran, kalo bisa yg mudah untuk dicari.

  2. nida
    February 5, 2008

    guyz kasih tao tipz bikin grafity coz gue belon lancar bikin’x gue masih awam guee pegen bisa kirm email k gue dunc !!!!! blz yupzt … plezzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  3. entjep
    August 3, 2009

    gampang pake aja ulekan he..he… pasti jadi virus sambel pedes tenan…

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.