wap1.JPGSebuah pengetahuan yang baru gabungan antara kebodohan dan imajinasi. Memang sih awalnya buruk tapi hasilnya lumayan. Ceritanya berawal dari perjuangan saya sedang kuliah. Pada waktu ada quis b.pemrogramman kan kelabakan untuk cari jawaban tuh saya searching di google juga ga nemu-nemu juga. Akhirnya setelah sekian lama berpikir akhiryna menemukan ide untuk membuat server wap [agar nyonteknya gampang]. Dari sini lah saya ambil hikmah kalau ga selamannya melanggar peraturan itu tidak bermanfaan, buktinya saya mencoba nyontek ke server wap hasil rancangan sendiri :D. Saya rasa ceritanya sudah dulu sekarang kita masuk ke kasus langsung.

Sebenernya server wap itu adalah sebuah perangkat web server yang bisa di akses oleh handphone yang bisa GPRS. untuk pembuatannya gampang banget sih, caranya begini, pertama yang harus anda lakukan adalah membuat file .htaccess di directory home web server anda. kemudian anda tampahkan tag seperti ini:

directoryindex index.wml index.html index.php
addtype text/x-hdml hdml
addtype text/vnd.wap.wml wml
addtype text/vnd.wap.wmlscript wmls
addtype image/bmp bmp
addtype image/vnd.wap.wbmp wbmp

kemudian setelah itu save and exit.

Kemudian setelah anda telah selesai membuat file .htaccess tadi kemudian anda mencoba untuk mengetes server wap anda. eh tapi terlebih dahulu anda harus membuat sebuah sub domain yang mengarah ke directory wap anda. kemudian setelah persiapan selesai anda tinggal membuat file yang ber extention .wml seperti standarisasi halaman wap page:D. dengan cara mengetikan command #touch index.wml. kemudian isikan file tersebut dengan file sebagai contoh saja seperti ini:

<?xml version=”1.0″?>
<!DOCTYPE wml PUBLIC “-//PHONE.COM//DTD WML 1.1//EN”
“http://www.phone.com/dtd/wml11.dtd” >
<wml>
<card id=”main” title=”First Card”>
<p mode=”wrap”>Berhasillll……</p>
</card>
</wml>

kemudian setelah semuanya selesai sekarang anda restart server apache anda kemudian anda buka alamat web wap anda di handphone. Akan tetapi jika anda tidak memiliki handphone maka hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah download Simulasi handphone yang bisa anda download di sini . Sekarang web anda bisa di akses dimana saja hanya menggunakan mediaHP. Daripada SMSanmending buka2 website. sebagai contoh web saya yang hanya di jadikan percobaan adalah http://wap.aminudin.net. selanjutnya selamat mencoba teman-teman 🙂 .

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (12)

  1. r1dw4n
    April 25, 2008

    Goood,

  2. dzikr
    May 8, 2008

    assalamu’alaikum… salam kenal. masih baru nih di dunia blogging 🙂

  3. Ahmad Aminudin
    May 11, 2008

    salam kenal juga 🙂 mohon kejasamannya ya mas. baru ataupun lama kita semua disini sama mas. sharing ilmu 🙂

  4. savitri rahcman
    May 11, 2008

    salam kenal :lol:….. bagus sekali anda menyampaikan penemuan and adalam web server. andai saja banyak ahmad aminudin di indonesia
    mungkin orang2 kuper terselamatkan hehehhe… makacih!:lol::lol:

  5. Ahmad Aminudin
    May 11, 2008

    ah… mas bisa saja… yang penting kan share nya ya mas 🙂

  6. begol
    June 3, 2008

    mas….

    kurang jelas mas… ane kurang ngerti
    mohon pencerahan lebih
    kirimkan ke
    verzo_x@yahoo.com

  7. Armand
    July 26, 2008

    Infonya bermanfaat. Makasih.

  8. thenmustputut
    August 12, 2008

    Trimakasih anda sudah membantu menjelaskan wap, Semoga bisa saling berkaitan dan menambah pengetahuan kita, amin

  9. Adith
    November 26, 2008

    Berarti harus UPLOAD dulu ke servEr Internet y…klo dari Komputer kita sendiri diakses bisa Gak?Tetapi…tanpa UPLOAD di server internet…
    thx jwbnya…

  10. leoarjuna
    May 5, 2010

    sebegitu penting nya kah membuat config .htaccess dgn myme type,andai myme tsb tidak dibuat/tidak perlu menyeting wapserver..hanya standart webserver saja.apakah script wap berjalan dgn semestinya..atau andai bekerja,maka mempengaruhi kecepatan loadingnya?.atau eror sama sekali.

  11. leoarjuna
    May 5, 2010

    hiay…jungkir-balik- gak nyadar tread 2 taon yg lalu.rofl.

  12. sinauw
    November 10, 2010

    maksudnya gmana ya

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.