kemarin (08 Oktober 2010) kebetulan saya berkesempatan menjadi narasumber di seminar “Pemanfaatan ICT untuk pemberdayaan Perempuan” untuk memberikan materi berupa pengantar open source.

Berkali-kali saya ikut teman-temen menjadi narasumber di berbagai seminar, sedikit-demi sedikit saya mengambil beberapa teknik dalam ber-presentasi di depan umum. Akhirnya tiba saatnya saya mempunyai kesempatan perdana untuk mengisi seminar ini.

Sedikit demi sedikit saya mencoba mendekatkan diri kepada peserta. Kenapa butuh pendekatan ? karena walau bagaimanapun kita di situ sebagai panutan mereka, apa yang kita bicarakan itu akan menjadi petunjuk bagi mereka , jadi kita harus bener” mengerti apa yang mereka butuhkan dan bagaimana membuat mereka mengerti dengan apa yang kita sampaikan.

Pokoknya begitu deh, dengan bantuan dari temen-temen saya akhirnya saya berhasil membuat beberapa slide dan membawakannya kepada para peserta.

Ada beberapa pelajaran yang bisa saya share disini tentang bagaimana sih menjadi nara sumber itu?

  1. kita harus siap dengan pertanyaan-pertanyaan yang nanti dilontarkan kepada kita.
  2. kita harus punya materi backup atau tambahan, kenapa seperti itu? kadang waktu kita itu masih tersisa atau ada tambahan waktu maka kita harus bisa mengisi ke kosongan itu, jangan cuman bengong di depan.
  3. buatlah para peserta tidak jenuh mendengarkan presentasi anda, itu sih pinter-pinteran anda aja untuk memainkan suasana supaya lebih menarik dan ga bikin ngantuk.
  4. kita harus memposisikan diri kita menjadi orang yang bener-bener belum tau apa” dan kita butuh bimbingan, jadi kita tau apa-apa aja dan bahasa yang pas buat peserta.
  5. jangan bicara terlalu tinggi karena belum tentu semua orang mengerti dengan apa yang anda bicarakan kalau ketinggian, bicaralah dengan bahasa newbie.
  6. kalau mengenai open source, sebenernya orang ga peduli kalau itu bayar atau nggak, tapi mereka hanya butuh solusi, so kita harus berikan solusi menarik tentang apa yang sedang kita presentasikan tersebut.
  7. kita harus mengerti apa yang mereka butuhkan.
  8. kita harus membuat situasi jadi tidak basi dengan komunikasi 2 arah, dengan menjawab pertanyaan” peserta walau itu bukan sesi pertanyaan.
  9. Ingat!!!! perkataan kita harus sesuai dengan kenyataan, salah dikit aja perkataan kita itu akan berbahaya, karena disini kita menjadi panutan bagi mereka.

mungkin dari para pembaca ada yang mau menambahkan ? saya dengan senang hati unguk menambahkan.

Saya berterima kasih kepada:

  1. kang onno w. purbo
  2. bapak Donny B.U.
  3. Mas boss Rapin Mudjiarto
  4. mba dewi

yang telah menjadi panutan dan mengajari saya tentang bagaimana menjadi seorang nara sumber.

Dan jangan lupa yang paling seru adalah pada saat foto bersama :D. berikut fotonya:

berikut jika ada yang tertarik untuk download slide saya tentang pengantar open source:  AminDN – Open Source

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comment (1)

  1. Fanani M. Ihsan
    July 18, 2011

    ini nieh yang gw demen mas 😀

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.