Sebelumnya memang sudah saya sampaikan di artikel sebelumnya mengenai Manage VirtualHost. Sebenarnya tidak ada kendala mengenai artikel tersebut kalau memperaktekannya di linux yang hampir mirip dengan ubuntu atau debian, tetapi ada kendala ketika teman saya panji melakukan setting virtual host di Slackware, berhubung “de panji” nanyanya siang-siang bolong pas saya mau berangkat ke tendean untuk main billyard jadinya saya kurang bisa ngoprek secara maksimal, dan saya juga sebelum-sebelumnya belum pernah oprek-oprek terlalu mendalam pada linux yang satu ini yaitu linux slackware. ketika pada malam hari saya analisa di temani oleh “kak phiyan” sambil ngobrol2 ga jelas tapi tangan masih ada di atas meja seluncur tangan “keyboard”. Prek demi oprek saya lakukan akhirnya saya dapet sedikit kesimpulan dan solusi untuk masalah tersebut. Ceritanya di bawah nih :

Untuk masalahnya memang ga begitu rumit hanya saja begini ceritanya, pada saat “de panji” melakukan setting virtualhost yang filenya berada di¬¨‚Ć /etc/httpd/extra/httpd-vhosts.conf. isi file tersebut tidak lain adalah sebagai berikit:

NameVirtualHost *:80

<VirtualHost *:80>
DocumentRoot /var/www/maktabah
ServerName maktabah.aminudin.net
ErrorLog /var/log/httpd/maktabah.aminudin.net-error_log
CustomLog /var/log/httpd/maktabah.aminudin.net-access_log common
</VirtualHost>

Ternyata pada saat “de panji” melakukan restart apache, hasil yang di dapat pas dia masukan address web tersebut di web browser ternyada dapet hasil yang berisi texs seperti ini:

Forbidden

You don’t have permission to access / on this server.

weleh…weleh… sungguh aneh tapi nyata, kenapa pula hal itu bisa terjadi, sampai-sampai permissionya di ubah menjadi 777 tapi tetep saja hasilnya begitu. Tengah malam gelap gulita dengan suasana lampu mati di matiin sama phiyan akhirnya saya menemukan solusi untuk permasalahan kecil tapi pasti itu, ternyata settingan virtualhostnya masih ada yang kurang yaitu untuk akses allow di bagian home directorynya. Setelah itu saya masukan scrip 1 demi 1 masukan akhirnya saya menemukan script seperti ini:

<Directory “/var/www/maktabah”>
Options FollowSymLinks
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>

Saya simpan di bawah Documentroot sehigga terciptalah script kaya begini:

<VirtualHost *:80>
DocumentRoot /var/www/maktabah
<Directory “/var/www/maktabah”>
Options FollowSymLinks
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>
ServerName maktabah.aminudin.net
ErrorLog /var/log/httpd/maktabah.aminudin.net-error_log
CustomLog /var/log/httpd/maktabah.aminudin.net-access_log common
</VirtualHost>

Kemuadian setelah itu saya mencoba restart apachenya, maka pas saya buka web browsernya akhirnya dengan mengucap allhamdullilah pada malam hari jam 00.30 WIB berhasil lah percobaan yang saya lakukan sambil ngobrolin masalah cwe sama si piyan :D. Ternyata ngobrol juga bisa menghilangkan stress sejenak ya :D. Akhirnya dengan tangan iseng ngoprek komputer oprekan panji, sedikit demi sedikit saya merapihkan susunan vhost tanpa bilang ke pemiliknya tanpa saya izin dl karena siapa sih yang ga mau komputer atau servernya rapi, karena dengan file configurasi yang berantakan itu bisa mempersulit juga pada saat kita melakukan maintenance.

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (3)

  1. hamba
    May 24, 2008

    panji ,phiyan sapa tuh min… kyknya langkah banget (baru tau) hehe
    nah gitu dunk min sll buat hal yang baru2 yang nyodok aja 😆

    1 lagi min ,ajarin gw nyodok ya biar lo ga bete kl main ama gw… 😳

    semangat trus min…

    ” jadikan angan2mu jadi wujud cita2mu..”

  2. Ahmad Aminudin
    May 24, 2008

    halah nang.. panji ma piyan kan sesepuh kita di masa kini. hahahaha… dia temen kantor gw… 😀 pengumuman bagi yang lain aja ;)). iya tar gw ajarin lagi. Kwmaren juga gw ga BTko biasa aja. Asik malah. Tar kapan2 kita main lagi 😀

  3. Aminudin.Net » Problem Include 2 VirtualHost Slackware
    May 25, 2008

    […] saya menyelesaikan tulisan yang berjudul Problem VirtualHost Stalckware. Kemudian ke esokan harinya ternyata saya mengalami kendala yang tidak begitu sulit tapi bisa […]

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.