Plugin Wordpress

Plugin WordPress “Connect With Twitter”

twitter_logoTwitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. (Source: Wikipedia).

Untuk sistematis bagaimana dan gimana Ini bekerja tidak jauh dengan artikel sebelumnya yang menjelaskan mengenai plugin Connect With Facebook hanya mungkin untuk plugin Connect With Twitter ini cukup minimalis, dikarenakan yang akan kita pasang hanyalah tombol connect with twitter saja yang terletak di antara form untuk memasukan komentar di salah satu posting. Tapi secara besarnya kita bisa memberikan komentar ke suatu web blog dengan menggunakan user twitter kita :).

Baiklah mari kita mulai untuk memasang plugin tersebut di web blog kita :). Langkah-langkahnya adalah:

  1. Install Plugin Connect With Twitter (Download and ekstack to wp-content/plugins/)
  2. Kemudian edit file Comments.php yang berada di directory themes yang anda gunakan sekarang, kemudian sisipkan <?php if(function_exists(‘twit_connect’)){twit_connect();} ?> di setelah <div id=”respond”>. (ini untuk meletakan tombol connect with twitter).
  3. Kemudian anda ubah permission yang berada di plugin connect with twitter, file secret.php menjadi 777 . (agar anda bisa merubah” konfigurasi yang ada di wp).
  4. Daftarkan website anda di Twitter. (untuk mendapatkan kebutuhan nanti untuk mengaktifkan plugin yaitu mendaptakan kode Consumer key, Consumer secret).
  5. Masuk ke konfigurasi plugin yang berada di wordpress. kemudian masukan Consumer key dan Consumer secret yang tadi anda dapatkan setelah web anda terdaftar di twitter πŸ™‚ .
  6. Save Setting.

Selesai.

Coba anda tes apakah berhasil ? ya pasti lakh :D…..  Sekarang anda bisa mengirimkan komentar dengan user anda yang ada di twitter πŸ™‚

Untuk gambaran, hasilnya adalah seperti ini :

hasil

Gimana? Sukses ga gan !!! ?

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (10)

  1. iduL
    September 9, 2009

    Dicoba dulu…

  2. Wartawarga
    September 20, 2009

    Mohon maaf jika tidak berkenan, siapa tahu UG-er berkenan menaro RSS Feed dari UG Warta Warga dengan alamat URL http://wartawarga.gunadarma.ac.id/feed. Terima kasih ya

  3. Ahmad Aminudin
    September 22, 2009

    di taronya dimana mas ?

  4. Software UM
    October 15, 2009

    Wah sip bisa konek ke twitter.

  5. Iwan
    October 15, 2009

    Wah enak bisa konek twitter.
    Lebih update.

  6. Ferry Ardhana
    December 17, 2009

    kalo misal kita kpengen buat aplikasi connect with twitter sendiri gimana ya??

    maksd nya cooding sediri.. πŸ˜€

  7. gambar batang
    December 31, 2009

    gambar batang…

    iya, maksudnya disini sebagai penyebar sinyal. misal kita punya 3 laptop dengan hanya 1 modem adsl: nah kita kan rebutan tuh. Kita korbanin aja 1 laptop untuk pemancar (router) disini difungsikan sebagai laptop yang memancarkan sinyal leat WIFI, nah di…

  8. akhatam
    August 7, 2010

    saya tertarik dengan artikelnya mas. Tapi kok secret.php di Filenya gak ada ya? jadi gak isa di rubah ijin aksesnya… mohon perbaikannya. Terima kasih

  9. faiz
    September 19, 2010

    Om, punya Q ko’ g da file secret.php nya y, Bingung nich mo nambahin Twitter With Connet ini…!!!

    Salam Kenal

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.