Plugin Wordpress

Plugin: Melihat dan Menganalisis Trafic Blog Anda

Bagi anda pengguna wordpress dan sudah menambahkan script google analytics kedalam blog anda maka pembahasan yang saya sampaikan sekarang ini sangat pas sekali πŸ™‚Β  karena saya akan mempermudah anda untuk mengawasi/memonitoring trafic pengunjung yang masuk ke blog anda setiap hari, hmmmm kayaknya masih ada yang belum mengerti apa sih sebenarnya google analytics ini ? baiklah berikut saya akan jelaskan apa sih sebenarnya google analytics itu.

Untuk mengetahui apa itu google analytics maka anda sebaiknya browsing ke http://google.com/analytics dan seperti yang tertera di sana bahwa “google analytics iniΒ  adalah kelas perusahaan solusi analisis Web yang memberikan wawasan kaya kunjungan ke situs Anda dan efektivitas pemasaran. Kuat, fleksibel dan mudah digunakan sekarang fitur membiarkan anda melihat dan menganalisis data lalu lintas Anda dalam cara yang sama sekali baru. Dengan Google Analytics, Anda akan lebih siap untuk menulis iklan bertarget yang lebih baik, perkuat program pemasaran dan membuat situs Web dengan konversi yang lebih tinggi.” Nah dari situ kita bisa mengambil kesimpulan kecil bahwa google analytics itu merupakan sebuah web yang membantu anda untuk mengawasi trafic/aktifitas pengunjung web/blog anda, disini lengkap banget, bisa lihat dari mana saja yang mengunjungi web kita dan berapa banyak pengunjung /harinya, dan masih banyak lagi keunggulannya.

Apa hubungannya dengan plugin yang mau di jelaskan sekarang ?
ya simpe aja sih, saya menemukan sebuah plugin yang amat sangat menarik untuk anda para pecinta wordpress dan google analytics, yaitu plugin yang diberi nama Analytics36, plugin wordpress yang satu ini emang seru juga, plugin ini memungkinkan Anda untuk menarik MailChimp Google Analytics dan data secara langsung ke dashboard Anda, sehingga Anda dapat mengakses perangkat analisis yang kuat tanpa meninggalkan WordPress. Seperti yang terlihat di images berikut:

Coba dipikir-pikir dulu menurut anda gimana ? oke nggak ? kl emang menurut anda kurang oke, mending di stop membaca dan peprgi ke home blog gw lagi πŸ˜€ kl emang menurut anda oke dan masih mau lanjut, ya anda teruskan masih bersama saya disini AminDN, malu nih ngakuinnya, sebenarnya walaupun plugin ini bagus, tapi untuk cara bagaimana memasangnya di blog kita itu sangat amat mudah, walaupun kedengarannya mudah, tapi akan lebih baik kalau saya menjelaskan step by step bagaimana memasang plugin ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Download Plugin di sini: http://wordpress.org/extend/plugins/analytics360/
  • extract file kemudian upload ke directory plugin /wp-content/plugins/
  • Aktifkan plugin analytics360 ‘Plugins > Installed’ dan cari nama analitics360 dan klik Active
  • Konfig plugin (Settings > Analytics360)nah disini lumayan ribet nih, oke saya jelasin aja dikit:
    nanti anda akan diminta untuk login menggunakan account yang bisa anda daftarkan jika anda daftar ke http://www.mailchimp.com/, maka anda daftar dulu dan masukan user dan passwordnya, kemudian di bagian bawahnya anda harus connect ke analytics anda, klik Begin Authentication kemudian anda harus login ke google analytics kemudian klik Grant Access untuk mempersilahkan plugin anda mengakses secara full Google analytics anda. Ups… jangan lupa anda harus memastikan anda sudah terdaftar di google analytics , sudah mendaftarkan blog anda dan memasukan script google analytics kedalam blog anda. Jika memang belum silahkan masuk ke http://www.google.com/analytics/ dan ikuti step by step nya.
  • Setelah semuanya selesai maka sekarang coba anda lihat di (Dasboard > Analytics360). Maka setelah itu anda bisa melihat trafic dari website anda tanpa harus keluar dari panel admin wordpress anda, jadi ga usah namanya susah-susah buka new tab atau new windows untuk melihat trafic web anda πŸ™‚

Oke sekarang tugas saya menerangkan bagaimana caranya memasang plugin ini di blog anda sudah selesai, tinggal anda yang melanjutkan tugas anda untuk mencobanya di blog anda πŸ™‚ , selamat mencoba rekan-rekan. ^_^

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (11)

  1. joe
    January 24, 2010

    pertamax…
    mantab… test.. dolo.. akh.. :ngacir: thanks inpohna :thumbup: πŸ˜€

  2. Ahmad Aminudin
    January 24, 2010

    hahaha…. ada bang joe, thanks udah mampir bang πŸ™‚

  3. ozi
    January 24, 2010

    koq beda ama yang di tulis di wall gan…????

  4. Ahmad Aminudin
    January 24, 2010

    bedanya apa kang ozi ?

    ini oret-oretan iseng πŸ˜€

  5. salman
    January 25, 2010

    min min..klo semakin banyak plugin yg nempel di web..apa nda tambah berat tuh?

    jadi PR ya min…

  6. Ahmad Aminudin
    January 25, 2010

    Tergantung apakah plugin tersebut kita pasang di halaman blog kita atau tidak, ya jelas mansing” plugin membutuhkan load untuk membukannya, nah sedangkan untuk plugin ini, karena bekerjanya di halaman admin, maka yang merasa berat hanya admin, dan tidak berpengaruh pada saat pembaca buka page kita.

    soalnya ada plugin yang di load langsung pada saat blog dibuka, dan ada juga plugin yang jalan pada saat dia akan digunakan, contoh untuk plugin foto, itu tidak terlalu berat, pada saat dia load pertama, yang di ambil hanya plugin itu nyala, dan untuk load yang aga beratnya adalah pada saat foto itu di preview.

    gimana ?

  7. 4d1tz
    January 26, 2010

    ini seperti mindahin google analytics ke halaman dashboard ya? hoho.. nice tutorial.. ^_^

  8. Ahmad Aminudin
    January 26, 2010

    hehehhe,,,,, kurang lebih seperti itu mas πŸ™‚

  9. adnan
    February 1, 2010

    bagus banget infonya! thanks ya?tapi low mau download aplikasi itu dimana ya??

  10. Kurniawan
    April 13, 2010

    Saya pakai WpStats.. Perbandingannya dengan plugin in ini apa yah??

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.