Setelah sekian lama saya bergelut di linux dan windows, sekarang saya mau mencoba untuk masuk ke wilayah asing lagi yaitu wilayah OpenBSD. OpenBSD tidak lain adalah sistem operasi untuk komputer yang mula-mulanya berasal dari keluarga UNIX, tepanya bisa di sebut dengan Unix BSD. Seperti anda ketahui OpenBSd juga sama dengan Windows, Linux bahkan macOS semuanya adalah merupakan sebuah sistem Operasi :D. Hanya saja yang membedakan mereka adalah meraka mempunyai karakteristik berbeda-beda dari masing-masing sistem operasi tersebut 😀 . Owh iya saya tadi menyebutkan Unix BSD. Sebenernya apa sih perbedaan unix dengan Unix BSd? Jadi gini… yang di sebut Unix merupakan sebuah sistem operasi komputer-software dasar yang berjalan pada sebuah komputer, yang membawahi berabagai aplikasi seperti word-processor, spreadsheet, dan lain-lain. Unix di rancang agar dapat digunakan secara simultan oleh banyak pengguna atau biasanya di sebut dengan multi user. Sedangkan yang dimaksud dengan Unix BSD merupakan implementasi sistem operasi Unix (beserta utilitinya)yang originalnya dikembangkan dan di distribusikan oleh University of California at Berkeley. Unix BSD biasanya di panggil dengan sebutan BSD Operating sistem.

Owh iya diantar sekian banyaknya flavor unic BSD, terdapat 3 sistem freeware yang populer digunakan yaitu FreeBSD, NetBSD dan OpenBSD, yang saya pilih untuk sekarang adalah OpenBSD. Kenapa saya memilih OPenBSD itu semua karena hati nurani, Karena saya juga masih belum bisa menguasai OpenBSD dan UNix BSD lainnya.

Sejarah dikit nih mengenai OpenBSD, pada permulaan tahun 1990 [berarti gw baru 1 tahun 😀 ], theo de raadt memegang tanggung jawab terhadap porting SPARC dalam NetBSD dan bagian-bagian lainnya. Akan tetapi, karena terjadi kesalahpahaman antara theo dan tim inti NetBSD berkaitan dengan pengenbangan NetBSD, akhirnya theo pun mengundurkan diti dan selanjutnya merintis OpenBSD. Apabila OpenBSD memiliki keunikan dengan portabilitasnya yang luas, OpenBSD memfokuskan diri pada ketangguhan sistem dan kemanannya. OpenBSD mengklaim bahwa tiga tahun tanpa eksploitasi remote root memungkinkan administrator-administrator sistem dapat tertidur nyenyak sepanjang malam :D.

Wah memang dari semua yang saya telusuri mengenai OpenDSB meang OpenBSD merupakan sistem operasi yang sangat mengutamakan keamanan dia bahkan mengoptimalisasi kernel OpenBSD sedemikian rupa untuk mendukung keamanan dan memberikan jaminan agi para pengguna dari berbagai ancaman. Bahkan software OpenBSD juga sudah diintegrasikan dengan algoritma kriptografi yang kuat.

Beberapa kelabihan OpenBSD diantarnya adalah:
– OpenBSD mengedepankan keamanan,
– OpenBSD mengintegrasikan teknologi-teknologi kemananan profesional secara default,
– OpenBSD bersifat multi-platform,
– OpenBSD dan aplikasi-aplikasi di dalamnya bersifat free,
– OpenBSD menawarkan perkembangan berkesinambungan dan terbuka.

Dan untuk mendapatkan Operating sistem OPenBSD sangat mudah sekali, anda tinggal masuk ke alamat web ini: www.openbsd.org/ftp.html maka akan muncul halaman mirror dimana saja mirror tersebut berada anda tinggal pilih dan kemudian anda masuk ke dalam direktori dimana versi OpenBSD terbaru. kemudian setelah masuk ke directory versi OpenBSD maka nanti anda cari yang pas untuk versi prosesor anda kalau intel biasanya pake i386 kemudian setelah masuk maka cari yang extentionnya .iso sebagai contoh nama filenya adalah install42.iso karena pada saat saya membuat tulisan ini versi open BSD terbaru adalah versi 4.2 maka links downloadnya bisa anda download di sini: www.openbsd.org.

Demikian dulu untuk pengenalan OpenBSD yang bisa saya sampaikan mungkin masih banyak kekurangan dalam tulisan saya ini. Maklum lah namanya juga orang yang sedang belajar :D. Selamat Bergabung di dunia baru yaitu dunia OpenBSD tapi jangan lupakan kekasih yang lain yaitu Linux dan Windows :D. Tetep sampai sekarang rasa sayang saya masih belum tergoyahkan dari Linux :D. I LOVE LInux :D….

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (6)

  1. open_tukidjho
    October 20, 2008

    uieh, ngeri,,gue aja gak brani nglirik openBSD

  2. bastian
    November 3, 2008

    minta terangin step by step instalasinya dooooonk….
    thanks

  3. tulkenyut
    December 3, 2008

    wi ihhh
    boleh nihhh???
    sejarawan.kasih sekalian perintah-2 ohh.maklum suga baru belajar hehe

  4. canna
    September 29, 2009

    Nice Info Gan…..

  5. fharu
    October 25, 2009

    kalo perbedannya dengan linix apah c??

  6. Fahry
    October 25, 2009

    Perbedaan UnixBSD dengan Linux apa c???

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.