ipip1IP Tunnel atau bisa anda sebut juga dengan IP terowongan πŸ˜€ merupakan sebuah IP (Internet Protocol) network komunikasi antara dua jaringan. Dengan adanya IP tunnel maka kita bisa join dengan network lain, secara tidak langsung kita membuat terowongan sendiri untuk menggabungkan network kita, jika IP Tunnel berhasil maka sudah tidak ada lagi namanya jarak yang memisahkan kita πŸ˜€ . karena walau jauh kita serasa 1 network (jauh dimata dekat di network πŸ˜€ ). atau secara teknisnya IP tunnel bisa di gunakan untuk menghubungkan  2 jaringan IP yang tidak memiliki jalur routing yang asli satu sama lain, melalui routable protokol yang melintasi jaringan trasportasi perantara, misal kita menggunakan koneksi ISP Aminnet dan kita ingin tunnnel ke adnnet maka jalur yang digunakan adalah jalur Aminnet untuk gabung ke adnnet, ya istilahnya Aminnet itu hanya jadi jembatannya saja πŸ˜€ . dan koneksi yang digunakan juga sesuai kemana kita akan tunnel, jika kita tunnel ke network yang ada di indonesia maka koneksi yang kita gunakan adalah IIX, dan kita sama sekali ga pake internasional untuk tunnel tersebut.

nanti pada saat anda tunnel ke suatu server, router ataupun komputer biasa, maka salah satu dari network tunnel itu harus di tentukan gateway-nya dimana yang akan di gunakan, di tentukan gateway untuk menentukan titik akhir dari alamat IP Tunnel di network kita. Maka dengan adanya gateway yang menanggung bandwidth yang di gunakan adalah sang gateway tersebut, sedangkan si client hanya menggunakan koneksi yang dia gunakan untuk tunnel ke gateway tunnel tersebut :).

IP Tunnel juga mempunya berbagai macam yang bisa kita gunakan misalkan VPN (Virtual Private Network), Point to Point tunnel, dll. itu akan di jelaskan di artikel berikutnya sambil kita mencoba menguraikan bagaimana sih caranya setting IP tunnel itu πŸ™‚ (untuk para pembaca sabar ya pasti akan saya uraikan dari awal sampe akhir).

saya rasa pengantar IP TUnnel hanya bisa saya uraikan sampe sini doank, ada yang mau nambahin ? silahkan command di bawah ya πŸ˜‰ …..

nb: untuk bocoran kita nanti kita akan coba IP TUnnel menggunakan beberapa OS, diantaranya adalah: Linux, Mikrotik, dan windows πŸ™‚ …..

To be Continue…. πŸ˜€

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (6)

  1. Teguh Prasetyo
    November 28, 2009

    hohoho amin udah banyak kemajuan neh

  2. Ahmad Aminudin
    November 28, 2009

    hoho…. terima kasih,… ini semua kan berkat bimbingan dari boss teguh n mas anton juga πŸ™‚

  3. the riza de kasela
    November 28, 2009

    Sedang menunggu tips advance supaya main Point Blank lebih lancar
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

  4. Fatih
    November 29, 2009

    info yang bermanfaat, salam kenal

  5. Maman Lesmana
    December 2, 2009

    lumayan heheh buat ngremot server gw di bekasi hehehehe

  6. zvryadi
    July 17, 2012

    sya mw nanya gan…
    bedanya IP tunnel dengan EOIP dan GRe Tunnel itu ap ya??

    trima ksih jika brkenan menjwab πŸ™‚

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.