Merubah Login URL WordPress

WordPress merupakan sebuah CMS yang sangat membantu sekali dalam pembuatan website, ya bisa dibilang sekarang lagi nge-tren pembuatan website dengan bantuan CMS wordpress, akan tetapi walau bagaimanapun wordpress kan CMS yang public dan banyak orang yang tau untuk login kedalam CMS wordpress itu melalui /wp-admin atau /wp-login.php . Demi kemanan bersama anda bisa mengganti file wp-login.php dengan nama file yang anda inginkan sebagai contoh akumaulogindisini.php.

Mari sekarang kita bahas untuk tata cara bagaimana kita bisa merubah default login di wordpress, sebagai contoh saya akan mengganti wp-login.php dengan akumaulogindisini.php:

  1. Edit file wp-login.php dan replace semua text wp-login.php yang terdapat di dalam file tersebut dengan akumaulogindisini.php
  2. Rename file wp-login.php dengan akumaulogindisini.php
  3. Edit file general-template.php yang berada di folder wp-include dan replace semua wp-login.php dengan akumaulogindisini.php kemudian cari baris “function wp_login_url” yang tadinya seperti ini:

function wp_login_url($redirect = ‘ ‘, $force_reauth = false) {
$login_url = site_url(‘akumaulogindisini.php’, ‘login’);

Menjadi:

function wp_login_url($redirect = ‘ ‘, $force_reauth = false) {
$login_url = site_url(‘ ‘, ‘login’);

karena itu merupakan baris kode untuk redirect /wp-admin ke halaman login kita. so dengan di hilangkannya akumaulogindisini.php di baris kode tersebut maka jika anda buka http://urlanda.misal/wp-admin akan langsung redirect ke home website anda.

note:

WordPress yang saya gunakan untuk bahan artikel ini adalah WordPress Version 3.3.1