vhcs2_panel.jpgKetika sebuah hari dimana liburan kuliah yaitu pada hari minggu sebuah kata penasaran muncul dibenaku “Bagaimana ya cara install control panel semacam CPanel yang gratis?. Karena pertanyaan maka timbul lah sebuah usaha untuk mencari tau. Eh ternyata saya menemukan yang namanya VHCS sebagai contol panel yang gratis. Kemudian saya mencoba untuk menginstallnya dengan men-download file tersebut di websitenya yaitu: http://vhcs.net/. Kemudian setelah install dan install, saya menemukan jalan buntu karena saya ga tau lagi harus berbuat apa. Dan tidak ada orang yang bisa membantu. Maka saya menghentikan instalasi tersebut.

Setelah berhenti instalasi pada malam harinya temen saya salman menanyakan kenapa ini php nya ga bisa di buka. Nah lho…. saya juga bingung. ternyata terjadi error dimana-mana akibat instalasi yang saya lakukan tadi siang. Saya mencoba otak-atik di sebelah mana saja ternyata tidak menemukan jawabannya, setelah itu saya meminta tolong kepada teman asaya mas ropix untuk membantu saya dalam memperbaiki kerusakan tersebut. Nah saya pun berkombinasi bersama beliau untuk memperbaikinya.

Akhirnya setelah beberapa lama ditemuakan pun kesalahannya ternyata php dan apachenya ga nyambung. ga bisa nge-load file PHP. Seperti yang terdapat di Blognya kak ropik:

ika browser tidak mau load halaman .php
pastikan modul php5 terinstall di apache2

#apt-get install libapache2-mod-php5

menyuntikkan modul di apache2

#a2enmod php5

Agar yang di load default di directory adalah index.php bukan index.html

#a2enmod dir
#vim /etc/apache2/mods-enabled/dir.conf

DirectoryIndex index.php index.html index.cgi index.pl index.xhtml

Ubah urutan index.php menjadi yang paling depan
Retart apache2

#/etc/init.d/apache2 restart

BY: http://ubuntuku.blogspot.com/

Karena sudah di katakan di atas jadi saya ga perlu jelasin lagi kan rekan-rekan. :D.Ada tambahan dari salman untuk mengaktifkan mod_rewrite di apache2 + php5 cukup dengan cara meng copy rewrite.load dari mod-available yang ada di folder apache2 ke mod-enable, kemudian ubah chmod nya menjadi 777, kemudian restart services apahenya. Jika ada teman-teman yang bisa bantuin saya untuk installasi Contol Panel saya mohon bantuannya teman-teman.

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (6)

  1. mokalovesoulmate
    October 31, 2007

    Sepertinya instal VHCS gampang banget kok. Kalo gw daripada pake lama mending apt-get install aja. kekeke

    Tapi, gw sebetulnya mau bilang JANGAN PAKE VHCS KALO MAU BUAT WEB HOSTING. VULNERABLE ABIS. nggak ada update, ada yang bilang updatenya palsu, de el el lah.

    Makannya gw nggak rekomen VHCS.

    mokalovesoulmate

  2. deRegen
    January 7, 2008

    kenapa ngak coba ISPConfig?

  3. Boy47
    October 13, 2009

    Most puzzles contain irrelevant story bits. ,

  4. Alex60
    October 22, 2009

    Why are you so sure anything will be done? ,

  5. Alex79
    October 23, 2009

    Amazon recommended her Chase Brothers series to me. ,

  6. kambeeng
    March 2, 2010

    Kenapa nggak coba ISCP Omega

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.