Dikarenakan kebutuhan untuk membuat web server di laptop sendiri akhirnya saya memumtuskan untuk mencoba install apache dan Mysql, tetapi setelah saya baca-baca di beberapa website ternyata ada keribetan juga ya :D. untuk install apache di butuhkan perintah make install sedangkan pada standarnya tidak saya temukan command make install, karena saya terlalu memikirkan hal tersebut jadinya kegiatan pembelajaran saya pun terhambat, akhirnya saya memutuskan untuk install XAMPP sebagai web server di laptop saya, tetapi secara tidak langsung juga di belakang itu saya akan mempelajari bagaimana install web server secara manual di macos, yaitu dengan install paket-paket tertentu yang di butuhkan segumpal eb server :D.

Emangnya XAMPP bisa di install di macos? jawabannya adalah iya, karena XAMPP cukup lengkap, dia menyediakan installer untuk mac, setelah saya mengetahui itu akhirnya saya putuskan untuk download XAMPP di sini.setelah saya selesai men-download source-nya kemudian saya install seperti biasa seperti nginstal program-program lain. Setelah selesai saya instal saya coba membuka file tersebut di sistem, ternyata ada finder yang namanya XAMPP akhirnya saya masuk ke finder tersebut, kemudian saya lihat ada XAMPP control panel, kemudian saya coba drag ke bagian Dock yang biasanya berada di bawah, kemudian setelah itu saya coba buka XAMPP Control Panel kemudian ternyata saya diminta memasukan password root, akhirnya saya memasukan password root tersebut kemudian saya coba jalanken semua component dengan cara klik start di bagian menu yang di atas All component start, ternyata semuanya berjalan dengan baik, Apache, MySQL, ProFTP, dan SSL Support. Akhirnya webserver mini ini jalan juga :D.

kemudian setelah itu saya coba selidik-selidik dimanakah saya harus menyimpan file website saya, ternyata localhost itu berada di application – xampp – htdocs, memang itu hanya source folder dari /Application/xampp/htdocs, tetapi memang gpp simpan aja di situ, sama aja ko :D.coba anda membuat folder di sana seperti folder amin, kemudian buka http://localhost/amin maka yang kebuka adalah isi folder tersebut :D. Sekarang semuanya sudah berjalan lancar, silahkan anda berselancar ria dengan webserver mini yang anda miliki.

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (2)

  1. Taufik Nurrahman
    December 2, 2009

    kalo mo backup databasenya gimana ??

    gue sempat nyoba dengan copy-paste, tapi privileges yang terpasang sebelumnya di setiap database jadi terkunci semua..

    bisa dibantu ??

  2. ney
    November 29, 2010

    terimakasih mas,,, akhirnya bisa installl juga ni saya..heee

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.