My WordPressseperti telah di bahas di artikel sebelumnya (wordpress bisa di install di server lokal), kita sekarang akan membahas bagaimana wordpress di jalankan di linux suse, untuk perangkat web servernya kan udah kita install, mysql nya juga sudah berjalan dengan lancar, maka sekarang yang harus kita lakukan adalah memulai instalasi wordpress kita.

seperti dalam proses2 yang terdahulu, sekarang kita juga harus mengawali sebuah instalasi dengan download terlebih dahulu software yang kita butuhkan, yaitu software wordpress, wordpress bisa anda download di http://wordpress.org/latest.tar.gz . seperti kita ketahui kalau linux suse suport dengan yang ber extention .tar.gz, jadi yang kita download kali ini juga extentionnya .tar.gz.

setelah selesai proses download-ing sekarang kita coba upload ke web server yang kita miliki, yaitu beradi di folder /srv/www/htdocs/ setelah anda upload ke folder tersebut, kemudian anda extrack file wordpress itu dengan cara mengetikan tar -zxvf wordpress-2.0.5.tar.gz . jangan lupa merubah permission folder wordpress. dengan cara mengetikan chmod 777 wordpress , kalau ga di chmod ga bakalan bisa, karena folder wordpress-nya merupakan read only, ga bisa di tulis.

setelah selesai proses extrak, langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah database kosong untuk database wordpress.untuk pembuatan database bisa melalui phpmyadmin, installasi phpmyadmin di linux suse bisa di lihat di http://aminudin.net/?p=5. untuk proses instalasinya sama aja dengan instalasi di server windows, silahkan di baca lebih lengkapnya di http://aminudin.net/?p=104.

Selamat Mencoba …

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (4)

  1. mierdh@
    December 17, 2006

    yang ini tulisannya jelek x.coz gd yg komentar he…he…he…:mrgreen::mrgreen: ups…jgn marah ya.:razz:

  2. Ahmad Aminudin
    December 18, 2006

    :-s aduh sayang jujur amat sih.jadi malu:oops: tapi gpp, yang penting ada yang ngeti.tapi,,, makasih sayang dah mau baca-baca artikel amin 🙂

  3. dhyan
    February 7, 2007

    KeREn……yaH LumaYAn LeNgKaP seYh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,…….
    tHAnk’s gTu aZa cOMmEntNya………………..

  4. Ahmad Aminudin
    February 7, 2007

    ok deh

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.