ftp_client.pngSemuanya pasti sudah tau mengenai FTPClient yaitu satu aplikasi untuk menghubungkan kita ke server kita dan kita bisa bertukar file, baik upload maupun download. Di sini kita akan mempelajari mengenai cara bagaimana menjalankan FTP Client di Web Browser, bukan karena kesengajaan saya menemukan cara ini. Ini cuman pemecahan masalah dari salah satu kesulitan saya dalam install FTP Client yang bagus. Saya kurang begitu tau tentang apa saja kekeurangan FTP Client di web browser ini.

Bagaimana saya menemukan Ftp Client ini? Suatu ketika saya sedang mencari-cari WS_FTPle yang versi lama yang saya sukai, dari semua aplikasi FTP Client hanya itu yang saya suka. Tetapi pada pagi ini saya tidak menemukan links untuk downloadnya. Kemudian saya menanyakan kepada teman saya, tadinya sih saya mau minta filenya tapi beliau malah menjawab. “saya jarang pake aplikasinya, biasanya saya pake plug in Mozilla.”. Ya udah deh saya meminta links nya kepada beliau. Ya udah deh saya akhirnya bisa menggunakan FTP Client Via Web Browser.

Untuk tahap instalasinya seperti ini, Pertama anda buka web browser kemudian klik links ini: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/684 ini merupakan links dimana plug in nya berada. Kemudian anda klik install Now untuk memulai instalasi. Setelah itu akan muncul windows baru kecil yang di sana terdapat tawaran untuk install plug in ini. Kemudian anda klik install now dan tunggu beberapa saat sampai muncul windows baru lagi yang lumayan lebih besar dari sebelumnya sampai tombol Restart Firefox nya menyala. Setelah menyala anda klik itu untuk menyalakan dan menghidupkan Mozilla Firefox nya atau biasa di sedut dengan restart.

Sekarang Plug In nya sudah di install, sekarang tinggal bagaimana menggunakannya. Untuk menggunakannya anda tinggal klik Tools –>> FireFTP, kemudian akan muncul halaman FTP persis dengan halaman aplikasi FTP hanya ini bedanya adalah di web browser 😀 . kemudian setelah itu anda klik Create an Account sampai kemudian muncul windows baru yang bernama Account Manager di sana terdapat beberapa tabel yang anda harus lengkapi untu koneksi ke server kita. Diantaranya yang harus anda isi adalah Account Name, itu di masukan nama anda saja karena itu hanya sebagai title saja. Host, masukan nama host domain anda itu bisa anda isi dengan Ip ataupun nama website anda. Login, itu di masukan nama user FTP yang ada diserver anda. Password, dari namanya saja sudah ketauan kalau anda harus memasukan password dari user yang anda berikan tadi. Kemudian klik OK untuk save konfigurasi. Kemudian klik Connect untuk masuk ke server anda. Sekarang anda sudah bisa masuk ke server anda, untuk penggunaan selanjutnya seperti biasanya yang anda lakukan di FTP Client yan biasa anda gunakan.

Thanks Buat Adi Nugroho yang sudah memberikan saya referensi.

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (4)

  1. topik
    April 23, 2009

    saya newbie nih.. tolong minta tutorial setting subpage di http://www.000webhost.com dong…? mkasih sblmnya.slam kenal…:)

  2. pepo
    December 26, 2009

    wah,, makasih banyak ni mas,,, info nya sangat2 membantu buat saya yg newbie,, hehhehe,,

  3. lian
    January 25, 2010

    gmn cara buat komputer kita jadi server ftp? mohon info nya

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.