Wordpress

Error WP: Briefly unavailable for scheduled maintenance

Untuk para pengguna wordpress yang biasanya punya kebiasaan atau gemar untuk update engine wordpress jika sudah ada updatean terbaru maka anda sebaiknya mencari terlebih dahulu apa sih error message yang akan keluar di  pertengahan update atau setelah update , dan apakah itu pesan error atau bukan.

tapi disini saya akan menjelaskan tentang sebuah pesan peringatan tapi bukan pesan error yang mana kalau di diamkan saja maka akan jadi masalah bagi kita sebagai pemilik website. Kaya gimana sih ?

Jadi seperti ini, wordpress sekarang memberi kemudahan untuk kita update engine yaitu tinggal klak-klik update saja, dan secara otomatis wordpress akan memunculkan sebuah pesan peringatan kepada para pengunjung blog kita kalau yang punya blog ini sedang maintenance. seperti apa itu pesan peringatannya yaitu seperti ini:

Berarti kalau maintenancenya berjalan dengan mulus dan selesai di landasannya dengan baik maka pesan itu akan hilang dengan sendirinya, akan tetapi jika misalkan di pertengahan update ada kegagalan dalam update yang sering saya temui di berbagai kasus saya sering gagal update untuk blog saya ini, entah kenapa, mungkin permission file yang ada di blog ini belum sesuai dengan kebutuhan update otomatisnya wordpress, so jadi saya harus update manual 🙁 yaitu dengan cara menimpah file wordpress yang lama dengan file-file wordpress yang baru :(. halah ini update yang ga seru karena ribet bet bet.

nah seandainya pesan error ini tidak hilang-hilang karena update yang kita lakukan berhenti/gagal di tengah jalan maka action apa yang sebaiknya kita lakukan ?

sebenernya simpel sekali untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut, yaitu anda tinggal masuk ke home directory website dan delete file yang bernama .maintenance maka coba anda refresh website anda, akan kembali seperti semula, seperti yang telah saya lakukan barusan setelah saya coba update ekh ga bisa 😀 .. yaitu dengan sedikit langkan seperti ini:

AminDN:/$ cd /web/
AminDN:/$ rm .maintenance
AminDN:/$

nah setelah saya berhasil delete file .maintenance maka saya refresh deh tuh blog saya, ekh ternyata sudah normal kembali. sila dicoba….

GUDLAK!!!!

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comment (1)

  1. Putu Yoga
    February 25, 2011

    Web gw sempat gak bisa kebuka gara-gara ini juga, hahaha

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.