Aplikasi

IKC “Can’t open file: ‘wp_posts.MYI’ (errno: 145)?”

WordpressTengah malam jam 1:30 WIB, aku mengalami hal serius yang menyangkut hidup dan matiku. ketika aku dan rohman me-upload artikel infolinux ke server IKC. terjadi sebuah kejadian yang sangat membuat hatiku terguncang. setelah aku upload artikel terus servernya down. seperti yang di katakan pak romi “kalau servernya down di restart aja”. aku restart servernya, setelah proses restart selesai aku reload web browserku, eh malah ada pesan error yang di hasilkan oleh kesalahan di mysql, pesannya adalah “WordPress database error: [Can’t open file: ‘wp_posts.MYI’ (errno: 145)]”, haduh…. weleh..weleh… aku baru kali ini di sajikan dengan mysql yang error, sebelumnya aku lom pernah.

Karena ini server besar, mungkin akan banyak error atau kesalahan system pada saat system berjalan sehari-hari. dan dari semua itu pasti menghasilkan pengetahuan tambahan:). aku dah berusaha sebisa ku dengan cara aku melihat beberapa sisi dari phpmyadmin, aku masuk ke database nya, nah ternyata ada yang error pas di wp_posts nya, nah lho… apa yang error ??..?? perasaan aku ga nyinggung2 ke file tersebut deh. aku hanya melakukan proses upload dan restart server seperti biasanya. aku coba memperbaiki dengan bermodalkan ketidak tahuan… :D. hasrat hati ingin menagis karena kejadian ini tapi aku akan terus berusaha untuk memperbaikinya.

eh.. ternyata aku lupa 1 hal yang sangat penting dan sangat dasar banget, yaitu aku cari di paman google. akhirnya aku menemukan jalannya dengan cara masuk ke http://google.com kemudian aku masukan pesan error yang tadi kelua. hanya 1 baris doank yang aku masukan yaitu “WordPress database error: [Can’t open file: ‘wp_posts.MYI’ (errno: 145)]”. akhirnya ada 1 pemecahan masalah yang di hasilkan oleh forum diskusi yang di selenggarakan oleh wordpress. yaitu di http://wordpress.org/support/topic/72677. dia juga membahas tentang pesan error tersebut. eh ternyata pemecahan maslahnya mudah coy… pertama yang harus kita lakukan adalah mauk ke CPanel, terus kita masuk ke MySQL??ᬨ?Ü Databases. kemudian anda liat database mana yang kita gunakan terus kan di pinggir sebelah kananya ada tombol Delete, Check, Repair. Kemudian anda klik Check untuk mengecek mysql mana yang error, setelah itu baru klik Repair untuk memperbaiki pekt mysql yang error. tunggu beberapa saat.mungkin aga lama juga sih :D. tapi pokoke cek aja…. insya allah dah bener….

huh…. akhirnya beres juga permasalahan server untuk malam/subuh ini. kalau ga selesai udah deh aku ga bisa tidur… ternyata selesai dengan hasil yang lumayan memuaskan dan membuka wawasan, terimakasih paman…. berkat paman dan sahabat wordpress, akhirnya saya bisa tertidur pada malam eh salah, maksud saya bisa tertidur pada subuh ini….(walaupun hanya beberapa jam).

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (6)

  1. Romi Satria Wahono
    March 1, 2007

    Great job min! Ini kalau dalam knowledge management disebut transformasi dari tacit knowledge ke explicit knowledge. Lanjutkan perdjoeangan 😉

  2. Ahmad Aminudin
    March 1, 2007

    makasih pak… perdjoeangan akan amin teruskan apalagi kalau masalah orang banyak dan bisa membantu banyak orang….

  3. Agung Wiendarto
    May 8, 2007

    Alhamdulillah, Indonesia masih punya Amin! terus semangat, dan pantang menyerah!

    semoga Amin diberikan keberuntungan dan rejeki berlimpah ruah

  4. Ahmad Aminudin
    May 9, 2007

    Makasih atas do’a mas agung.

  5. AnakGunung » Another exhausted weekend
    May 15, 2007

    […] A 3rd class High School student perhaps has a much better quality for the responsible he took. But I should warn him that in real business world, your sacrifice might means nothing, if you have an-always-need-a-lullaby-Boss. […]

  6. Syaikh al-Akbar
    July 8, 2007

    Bang amin, thanks banget buat solusi problem tsb. Kebetulan ane ngalamin hal serupa sehari lalu, Bayangin azza, seharian ane utak atik tuh “isi perut” wp, bahkan ampe “isi kandung kemih” theme yang ane gunain. Eh ga’ taunya ane klik repair via phpMyAdmin baru kabur degh tuh penyakit 😛 ..

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.