phpinfo.jpgKetika sebuah masalah menerka, di situ pula pengetahuan berdatangan, ketika aku sedang Upload artikel InfoLinux ke IlmuKomputer.Com, ada kendala dalam proses upload artikel, File yang kapasitasnya lebih dari 2 MB ga bisa di upload. waduh… mana file yang gede dan banyak lebarnya gede kapasitasnya, nah, amin simpulkan untuk mengkonfigurasi php.ini yang ada di /etc/php.ini, di sana ada script yang ada di dalam file tersebut “upload_max_filesize = 2M”, nah sekarang aku ubah itu menjadi “upload_max_filesize = 20M”. Nah lho… ko masih ga bisa di upload ya… saya coba tanya-tanya ke temen, karena sebelum saya laporan ke pak romi saya harus berusaha dulu agar nanti laporannya ga kosong 😀 atau laporan yang tanpa hasil, mending saya coba-coba dengan bantuan aga bertanya ke temen-temen yang mungkin lebih berpengalaman dalam hal ini.

Ktetika saya kebingungan mencari referensi akhirnya saya simpulkan untuk bertanya kepada mas willy. mas wili menyarahkan kepada saya untuk membuat sebuag file yang bernama phpinfo.php untuk mengetahui nilai lengkap mengenai php di server yang kita miliki, aku nanya ke dia masalah langkahlangkahnya, dia bertanya kepada saya “kamu udah berapa lama pegang php??..??” aku jawab “baru akhir-akhor ini doank kak” dia berkata “oh…pantes…” hehehehhe… jadi malu euy…. file phpinfo.php berisi script :

<?php
phpinfo()
?>

eh… cuman sedikit ternyata script nya, pada waktu itu aku taro di suatu folder yang bisa di akses dari public, tapi aga di sembunyiin juga sih, takut ada dampak negatifnya, nah setelah itu selesai aku masih melihat banyak informasi mengenai web server php yang ada di severIKC, upload_max_filesize = 2, nah lho, amin kan udah ubah file yang ada di /etc/php.ini, haduh kenepa ya, eh di liat-liat ternyata ada sebuah kata-kata yang ada di halaman phpinfo.php, Configuration File (php.ini) Path /usr/local/lib/php.ini, ternyata php.ini nya ada di folder yang lain, haduh..haduh.. jadi terkecoh bang, aku backup dulu dulu file yang berada di /usr/local/lib/php.ini ke folder yang aman, nah sekarang bagian copy file, aku copy file yang php.ini yang udah di configure yang ada di /etc/php.ini ke folder /usr/local/lib/ , setelah itu aku trestart deh web servernya dengan perintah /etc/init.d/httpd restart, kemudian aku coba upload lagi file yang ber kapasitas 3 MB, akhirnya bisa juga file yang lebih dari 2 MB bisa di upload…. hip…hip… hore… akhirnya aku memutuskan untuk upload semua file InfoLinux yang lebih dari 2 MB yang telah aku tinggalkan kemaren karena tidak bisa di upload ke Ilmukomputer.Com. howre…. sebentar lagi semua artikel InfoLinux dari tahun 2003-2005 beres aku upload….

Author

Ahmad Aminudin

nama gw ahmad aminudin, biasa di panggil amin, sedangkan kalau di dunia maya di kenal sebagai turbin_ti . lahir di rangkasbitung, 03-09-1989. menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Margamulya 1, Menamatkan sekolah menengah di SMPN 1 Menes, sekarang sedang menjalani pendidikan di SMKN 1 Rangkasbitung mengambil bidang keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Berpengalaman sebagai webmaster di web komunitas belajar tentang Teknologi Informasi di http://infoteknologi.com. sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan Web Disain, Disain Grafis, Linux Administrator.

Comments (5)

  1. atoz
    September 17, 2007

    wah sama uie :razz:…dulu aq jg pernah gitu, tapi waktu itu kejadian’a pas install
    net2ftp di webserver ga bisa upload d atas 2 MB ke webhosting’a :mrgreen:

  2. centrofix
    November 16, 2008

    mas amin, mo nanya nih….
    saya dah edit file php.ini, kmudian saya coba upload file yg sesuai dengan size yg telah diedit tadi dan berhasil. Yg ingin saya tanyakan file video format apa saja yang bisa diupload di server kita untuk dapat dimainkan secara live (flash) di CMS WordPress yg saya pergunakan sebagai media informasi untuk server lokal di kantor saya. Kl ada solusi/tutorialnya minta tolong dikirim via centrofix@gmail.com terima kasih sebelumnya saya ucapkan

  3. iman
    June 2, 2009

    mas saya sudah ubah semua settingan di php.ini saat digunakan di pc upload sukses, tetapi pada saya jalankan dilaptop masih terjadi error. mohon pencerahannya..

  4. guntur
    August 14, 2010

    assalam ..
    mas aq pemula in php, gmna sih caranya belajar php ???

  5. Ahmad Aminudin
    August 14, 2010

    @guntur: ya untuk belajar ya bisa baca buku, terus browsing” cari artikel, dan masih banyak lagi mas 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.